Senin, 17 Agustus 2020

Fungsi MSI B550 TOMAHAWK Sebagai Motherboard pada Komputer

Gamers atau para pemain game profesional, pasti sudah familiar dengan salah satu bagian dari komputer ini, yakni motherboard. Motherboard merupakan papan utama komputer dengan program penggerak yang bisa menghubungkan seluruh komponen komputer, untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Salah satu motherboard keluaran terbaru bernama Msi b550 tomahawk, memiliki beberapa fungsi penting pada komputer. Simak ulasannya berikut. 

 

 
 
4 Fungsi Motherboard Komputer untuk Bekerja Ataupun Bermain Game

1. Menyediakan Tata Letak Strategis untuk Seluruh Komponen Dalam Suatu Komputer
Motherboard digunakan untuk menyediakan tata letak yang sesuai untuk seluruh komponen pemrosesan komputer, seperti memori sistem (RAM), Central Processing Unit (CPU), dan kartu grafis. Selain itu, hardware ini juga mampu menghubungkan seluruh komponen tersebut. Ketika seluruh komponen terhubung, maka motherboard akan mentransfer seluruh data dan program yang ada ke semua bagian untuk menjalankan komputer.


2. Sebagai Tempat Pemasangan ROM (Read Only Memory)
ROM adalah hardware komputer berupa chip memori semikonduktor, dimana isi dalam memori tersebut hanya bisa dibaca oleh komputer. Perangkat keras tersebut bersifat permanen, sehingga data atau program yang tersimpan di dalamnya tidak mudah hilang. ROM ini akan dipasang pada MSI B550 TOMAHAWK. Oleh karenanya, anda tidak perlu khawatir karena file anda di dalam komputer tidak akan hilang atau rusak, meskipun aliran listrik dimatikan. 


Setelah itu ROM akan tersimpan di dalam BIOS (Basic Input / Output System). BIOS merupakan software yang mengenali seluruh hardware dan mengatur fungsi dasarnya pada suatu komputer. Selain itu, sofware ini juga melakukan beberapa konfigurasi dalam komputer. Melalui BIOS ini, motherboard akan memberikan bantuan untuk proses booting (loading awal untuk memeriksa hardware dan memuat software) saat anda menyalakan komputer. 


3. Pusat Komunikasi Antar Komponen-Komponen Dalam Suatu Komputer
Seperti yang sudah diketahui, motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh bagian komputer. Sehingga secara langsung juga menjadi pusat komunikasi seluruh kompnen yang terhubung. Selain itu, motherboard ini juga akan membagi data-data yang ada ke setiap komponen sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Anda dapat mengibaratkan MSI B550 TOMAHAWK ini sebagai polisi yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data ke semua bagian komputer.


4. Menghubungkan Berbagai Komponen Komputer Secara Langsung dan Tidak Langsung
Fungsi papan utama komputer selain menjadi pusat komunikasi antar komponen, juga memungkinkan terhubungnya berbagai macam komponen eksternal komputer. Komponen ini bisa terhubung secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa periferal komputer (perangkat tambahan untuk mendapatkan atau memasukkan informasi ke/dari komputer), seperti keyboard, printer, hard drive dan mouse dapat terhubung ke motherboard melalui berbagai soket, port, dan konektor.


Dengan demikian, anda bisa memperluas fungsi sistem komputer untuk memenuhi kebutuhan anda yang tidak dapat dipenuhi oleh suatu software (perangkat lunak). Apalagi jika anda hobi bermain game, anda akan membutuhkan motherboard MSI B550 TOMAHAWK ini. Contoh lain yakni, anda bisa mencetak sebuah dokumen menggunakan printer, memanfaatkan mouse jika kursor anda rusak, memakai keyboard eksternal, dan lain sebagainya. 


Itulah 4 fungsi motherboard komputer yang dapat anda ketahui. Adanya papan utama pada komputer ini sangat penting, agar komputer bisa beroperasi dengan baik. Hardware komputer tersebut tersedia dalam berbagai jenis, seperti ATX, Micro-ATX, Mini ITX, dan E-ATX dengan harga mulai dari Rp. 1 hingga Rp.10 juta. Anda bisa mengganti papan utama komputer sesuai dengan kebutuhan anda, seperti mengganti motherboard biasa ke motherboard gaming.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi MSI B550 TOMAHAWK Sebagai Motherboard pada Komputer