Kamis, 19 November 2020

Berikut Beberapa Tindakan Medis Yang Dapat Menghancurkan Batu Ginjal

Saat ini, banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan penyakit batu ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan yang menyumbat saluran kemih. Untuk dapat menghilangkan batu ginjal pada tubuh, harus dilakukan tindakan medis yang sesuai dan tepat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghancurkan batu ginjal.

 

Cara Efektif Untuk Menghilangkan Batu Ginjal
1. Ureteroskopi
Tindakan tepat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan batu ginjal salah satunya dengan ureteroskopi. Ureteroskopi adalah prosedur untuk mengangkat batu yang terdapat pada ginjal dan juga ureter dengan cara melakukan operasi dibawah pengawasan dokter. Operasi ini membutuhkan alat yang elastis untuk dimasukkan ke dalam tubuh.


Dengan alat elastis khusus yang dimasukkan ke dalam tubuh berfungsi untuk mendeteksi tempat dimana batu ginjal yang ada dalam tubuh. Sehingga jika batu ginjal sudah ditemukan, maka akan mudah untuk melakukan operasi. Operasi di sini bukan dengan menyayat kulit tubuh dan menghilangkan batu ginjal.


Jika Anda mengakses laman sehatq.com maka Anda akan mengetahui bahwa cara ini dokter hanya akan menggunakan laser untuk menghancurkan batu yang menyumbat saluran kemih tersebut. Setelah melakukan operasi, akan dipasang alat medis berupa stent yang berguna untuk membantu aliran urin. 


2. Shock Wave Lithotripsy
Shock Wave Lithotripsy atau yang biasa dikenal dengan SWL ini sering dilakukan oleh para dokter untuk memecahkan batu ginjal yang menyumbat pada saluran kemih manusia. Dengan menggunakan cara ini, batu ginjal berukuran kecil maupun sedang dapat dihancurkan. 


Umumnya dokter memanfaatkan teknologi ultrasonografi atau rontgen untuk menemukan dimana letak dari batu ginjal tersebut. Jika batu ginjal sudah ditemukan, maka akan langsung dilakukan proses penembakan menggunakan gelombang energi yang tinggi dari luar kulit. Gelombang energi tersebut dapat menembus kulit sehingga batu ginjal tetap bisa dihancurkan.


Sama seperti ureteroskopi, setelah proses operasi selesai pasien akan dipasang alat medis pada tubuh berupa stent atau tabung kawat yang membantu proses penyaluran ginjal dan kandung kemih, yang mana dapat membantu mengeluarkan batu ginjal yang pecah tersebut keluar dari tubuh.


3. Operasi Terbuka
Pada laman resmi sehatq.com, operasi terbuka menjadi salah satu rekomendasi cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan batu ginjal dalam tubuh manusia. Namun, cara ini umumnya dilakukan bagi batu ginjal yang sudah terlanjur membesar atau gagal menggunakan cara sebelumnya. 


Menggunakan operasi terbuka yang notabene meninggalkan bekas bedahan, tidak heran proses pemulihan dari proses operasi terbuka. Dibutuhkan kurang lebih 4 hingga 6 minggu untuk bisa kembali putih secara total pasca melakukan operasi. Operasi terbuka kerap dilakukan ketika dalam keadaan paling genting dan sudah fatal.


4. Nephrolithotripsy
Tindakan yang bisa dilakukan untuk memecahkan batu ginjal yang menyumbat saluran kandung kemih berikut adalah Nephrolithotripsy atau singkatnya PCL. Cara ini memanfaatkan gelombang tinggi dari tabung kecil yang langsung ditembakkan untuk menghancurkan batu ginjal hingga hancur. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai cara ini pada laman resmi sehatq.com.


Proses pemulihan jika menggunakan cara ini cukup lama, sebab yang efek samping yang dihasilkan jika memakai cara ini diantaranya pendarahan, infeksi, kerusakan pada beberapa organ seperti, kandung kemih, usus, ureter, ginjal hingga hati. Oleh sebab itu, perlu adanya pencegahan agar terhindar dari penyakit batu ginjal.


Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memecah batu ginjal yang menyebabkan fungsi dari ginjal menjadi tidak sempurna. Cara-cara di atas bisa menjadi rujukan sesuai dengan level sakit yang dialami setiap pasien. Karena, berbeda level sakit berbeda pula penanganannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berikut Beberapa Tindakan Medis Yang Dapat Menghancurkan Batu Ginjal